Senin, 13 November 2017

POSO, KOTA KECIL YANG INDAH





          Mendengar kata “POSO” banyak di antara teman-teman pasti akan  langsung terbayangkan dengan berbagai macam hal yang buruk yang pernah terjadi di kota tersebut. Memang banyak sekali kejadian-kejadian yang yang menghebohkan di kota poso terutama kerusuhan Poso pada akhir tahun 90-an dan awal 2000-an yang sampai saat ini tidak bisa terlupakan dari ingatan warga kota Poso, termasuk saya sendiri. Pada saat itu keadaan kota poso sangat mencekam dan tidak terkendali. Namun setelah kejadian tersebut masyarakat kota Poso dan sekitarnya mulai sadar bahwa kejadian itu sangat merugikan bagi Poso. Wisatawan jadi takut untuk berkunjung ke poso untuk bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat indah, investor ragu untuk menanamkan modalnya di kota poso karena kurang yakin akan keamanan di kota poso. 

            Saat ini kota poso telah kembali normal seperti kota-kota yang lainnya, walaupun beberapa tahun lalu terjadi peledakan pos Polisi di Kelurahan Kasintuvu, Poso Kota, Poso namun masyarakat tidak terprovokasi dengan hal itu.
Poso atau Kabupaten Poso merupakan Kota yang menurut saya menjadi salah satu kota yang bisa menjadi alternatif untuk liburan dan berwisata karena banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang bisa di kunjungi terutama Danau Poso yang merupakan danau terbesar dan terdalam ke 3 di indonesia. Luas danau ini adalah sekitar 323,3 Km2. Danau ini membentang luas dari Tentena ke Desa Pendolo, air danau ini sangat jernih dan terasa tawar dengan pasir putih yang membentang sepanjang Danau Poso.
Jika teman-teman berkunjung ke danau ini dan akan menginap, sudah di sediakan  penginapan yang terletak di tepian Danau Poso, Desa Pendolo Kecamatan Pamona Selatan. harga yang di tawarkan untuk sewa per malamnya sekitar 50-100 ribuan, dan merupakan harga yang cukup terjangkau. Kita bisa menikmati keindahaan dan semilir angin Danau Poso dengan nyaman,

 Bagi teman-teman yang punya hobi mancing jangan lupa bawa pancingnya yaa,, karena danau ini merupakan salah satu danau yang memiliki banyak jenis ikan, tetapi yang paling banyak yaitu jenis Ikan Mas, Ikan Mujair, Ikan Nila dan Ikan Sogili. Ikan hasil pancingan bisa langsung di bakar di pinggir danau dan tentunya tetap harus di jaga kebersihan danaunya agar tidak tercemar sampah. Selain wisata Danau Posonya, Kabupaten Poso juga masih memiliki banyak tempat wisata lain yang belum banyak di ketahui Masyaraka luar, di antaranya Taman Anggrek Bancea, Air Terjun Saluopa, Cagar Alam Morowali Goa Pamona dan Latea. Namun tempat wisata tersebut kan kita bahas satu per satu dalam tulisan berikutnya. Cukup sekian dulu perkenalan kita tentang danau poso, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan berkomentar di kolom komeentar di bawah, sekian dan terima kasih... sampai jumpa.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar